Nah, bagi para blogger pasti bertanya-tanya kira-kira apaan sih Panda dan penguin itu? Kenapa harus ada Google panda dan penguin? Dan bagaimana cara kerja mereka hingga berpengaruh besar terhadap SERP (Search Engine Result Page)? Disini kita akan sedikit membahas apa yang dimaksud dengan Google panda dan penguin tersebut,
Google Panda dan Google Penguin di luncurkan Google dalam hal ini bertujuan dalam rangka mengoptimalisai mesin pencari mereka. Karena banyak keluhan yang disampaikan pengguna Google search, mengapa setiap mereka mencari artikel tertentu yang muncul di halaman pertama adalah justru situs-situs spam yang tidak menampilkan artikel yang diinginkan. Banyak situs-situs yang memanfaatkan kelemahan Google search sehingga mereka menggunakan teknik Black HAT SEO untuk mengoptimalisasi situsnya. Disinilah Google terus-menerus meng-update algoritma search engine termasuk panda dan penguin yang jaraknya hanya sekitar 3 bulan.
Tentang Google Panda
Google Panda adalah Algoritma terbaru mesin pencari Google tahun 2010 akhir atau awal tahun 2011, setelah sebelumnya Google melakukan update algoritma pencarian dengan nama "Google Caffeine". Penyebab Google melakukan update ke Google Panda adalah karena Google Caffeine belum memberikan hasil pencarian (search google) yang baik terhadap situs-situs supaya tampil diposisi utama SERP, sehingga di awal tahun 2011 Google melakukan update algoritma search engine dengan maksud hasilnya bisa lebih baik. Sekitar 12% situs-situs besar di dunia telah terkena dampak Google Panda ini. Banyak dari situs-situs tersebut terlempar dari halaman pertama pencarian Google. Selama masa periode itu Google terus memperbaiki kinerja Panda nya sebanyak 12 kali hingga 20 April 2012. Buat sobat yang mungkin postingannya pernah berada di halaman pertama namun sudah hilang terlempar hingga halaman kesekian bisa jadi terkena dampak google Panda ini.
Mengenai Google Penguin
Google Penguin adalah lanjutan dari update Google panda sebelumnya. Diperkenalkan pada tanggal 24 April 2012. Sekali lagi, itu ditujukan untuk menghukum situs spam. Sejauh ini, telah berpengaruh sekitar 3% dari situs seluruh dunia. Sebelum merilis, Google telah mengatakan;
In the next few days, we’re launching an important algorithm change targeted at web spam. The change will decrease rankings for sites that we believe are violating Google’s existing quality guidelines. We’ve always targeted web spam in our rankings, and this algorithm represents another improvement in our efforts to reduce webspam and promote high quality content. While we can’t divulge specific signals because we don’t want to give people a way to game our search results and worsen the experience for users, our advice for webmasters is to focus on creating high quality sites that create a good user experience and employ white hat SEO methods instead of engaging in aggressive webspam tactics.
Dan jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia kurang lebih seperti ini :
Dalam beberapa hari ke depan, kami akan meluncurkan sebuah algoritma baru yang ditargetkan pada web spam. Perubahan ini akan menurunkan peringkat sebuah situs yang diindikasikan telah melanggar pedoman Google. Kami selalu menargetkan web spam dalam rangking Google dalam upaya mengurangi web spam dan menyajikan konten berkualitas tinggi. Meskipun kami tidak dapat membocorkan sinyal khusus karena kita tidak ingin memberi orang cara untuk mempermainkan hasil pencarian kami dan memperburuk pengalaman bagi pengguna, saran kami untuk webmaster adalah fokus pada menciptakan situs berkualitas tinggi yang menciptakan pengalaman pengguna yang baik dan menggunakan metode white hat SEO bukannya terlibat dalam taktik webspam agresif.
Dengan beberapa update algoritma Google ini, sudah banyak situs-situs yang dihukum sehingga turun peringkatnya di Google search, penurunan traffic kunjungan dan turunnya pula pagerank situs / blog mereka. Dan situs-situs yang benar-benar menyajikan konten berkualitas dan orisinal telah merasakan keuntungan dari algoritma Google ini.
Bagaimana Cara Kerja Google Panda?
Google panda menekankan atau mengantisipasi adanya content farm mengingat banyaknya content-content farm saat ini yang merugikan blogger lainnya dan menguntungkan web yang memasang content farm saja.
Apa Itu Content Farm?
Menurut terjemahan Wikipedia: Content farm adalah content atau artikel-artikel pada website yang tulisannya dikerjakan oleh penulis lepas (freelance writer) untuk menghasilkan content yang memenuhi algoritma pencarian (mesin pencari secara otomatis) dengan maksud menghasilkan pendapatan iklan melalui tampilan yang menarik perhatian pembaca.
Apa Akibatnya Jika Google Mengetahui Sebuah Web Menggunakan Content Farm?
Akibat ringan: Google menurunkan ranking blog yang terdeteksi menggunakan "content farm" sehingga nantinya web/blog penggunak content farm akan sulit di posisi utama mesin pencarian Google.
Akibat Berat: bukan tidak mungkin sebuah web/blog mengalami penurunan drastis atau tidak lagi ditemukan dimesin pencari Google.
source
0 komentar:
Post a Comment
-Berkomentarlah dengan sopan dan di larang menyisipkan link aktif