Home » , » Tips Merawat Flashdisk Agar Lebih Awet

Tips Merawat Flashdisk Agar Lebih Awet

Posted by Ampas Kopi on Monday, March 3, 2014


merawat flashdisk
klik untuk memperbesar

Prima Share - Saat ini flashdisk menjadi alat penyimpan data favorit, karena bentuknya yang kecil dan berkapasitas besar, mulai dari 2GB sampai 128GB. Namun masih banyak yang belum sepenuhnya mengerti bagaimana cara menjaga flashdisk agar tetap awet. Kalau sudah rusak, bisa-bisa data yang disimpan di dalamnya tidak akan bisa dibuka. Agar hal tersebut tidak terjadi, coba rawat flashdisk-mu dengan cara-cara di bawah ini. :)

Rajin Scan Virus

Flashdisk sering sekali digunakan untuk memindahkan data baik itu dari komputer atau langsung dari internet. Hal ini dapat memungkinkan virus dari komputer atau internet tersebut  juga ikut berpindah bersama data-data ke dalam flashdisk. Sebaiknya scanning viruspada flashdisk harus menjadi kebiasaan penting untuk menjaga barang mini tersebut agar lebih awet. Selain lebih awet, kamu juga tidak akan repot karena harus dihadapkan masalah kehilangan data penting pada flashdisk.

Bijak dalam Menyimpan Data

Hindari menyimpan data yang terlalu banyak di flashdisk. Apabila data yang ingin disimpan terlalu banyak, gunakan zip sebagai alternatif dalam menyimpan data di flashdisk. Selain itu usahakan untuk tidak mengedit data langsung dari flashdisk. Sebaiknya, copy dulu data yang ingin kamu edit ke komputer lalu edit. Setelah selesai baru di-copy kembali ke flashdisk.

Eject Flashdisk Setelah Digunakan

Seringkali kita malas untuk melakukan eject atau stop flashdisk sebelum mencabutnya dari port USB. Hilangkan kebiasaan negatif tersebut mulai dari sekarang! Karena jika flashdisk tidak di-eject, flashdisk akan berpotensi lebih cepat rusak. Proses eject atau stop tersebut bertujuan untuk menghindari corruptnya datamu. Tentunya kamu tidak mau kehilangan data di flashdisk-mu kan?

Tutup Socket USB Saat Tidak Digunakan

Flashdisk yang kamu beli pasti dilengkapi pelindung pada bagian USB-nya. Nah, saat sedang tidak digunakan, tutup socket USB tersebut dengan pelindung yang tersedia. Hal ini menghindari debu masuk ke bagian dalam flashdisk.

Simpan Flashdisk di Tempat yang Benar

Maksudnya adalah jangan menyimpan flashdisk di dekat peralatan elektronik, terutama yang memiliki magnet yang besar seperti Kulkas, TV, ponsel dan lainnya. Medan magnet yang besar tentunya akan mempengaruhi flashdisk. Selain itu hindari flashdisk dari panas. Jadi jangan simpan flashdisk di tempat yang terkena paparan sinar matahari langsung.

Jangan Terkena Air

Jangan biarkan flashdisk terkena atau terendam air. Meskipun beberapa jenis flashdisk diklaim waterproof, sebaiknya jauhkan flashdisk dari kontak langsung dengan air.

Hindari Flashdisk Terkena Benturan Keras

Benturan keras akan menyebabkan kerusakan pada flashdisk, atau bisa jadi data-data yang ada di dalamnya juga hilang.

Demikian Tips Merawat Flashdisk Agar Lebih Awet semoga bermanfaat ... :D


7 komentar:

Ficri Pebriyana said...

wah saya kalau pakai flashdisk langsung cabut aja,
makasih infonya sob..

Primamulia Teguh said...

yoi bro sama-sama

Unknown said...

Infonya membantu, Gan... thanks tuk sharenya :)

ryano93 said...

wahh makasih nih gan baru tadi ane ditegur sama bokap gara" flashdisk'a penuh..
ane juga sering sih langsung cabut juga

makasih nih gan ilmu'a, oya mohon ijin juga boleh ga artikel'a dijadikan referensi artikel saya, nanti saya masukin link ke blog agan :)

Primamulia Teguh said...

sipp deh :) ini ane juga ngambil dari beberapa sumber

Anonymous said...

nice info gan, mga aja dengan cara ini gak rusak terus fd nya

alfian said...

mantap gan , jadi tambah ilmu ..

Post a Comment

-Berkomentarlah dengan sopan dan di larang menyisipkan link aktif